5+ Ide Kreatif Bekal Bisnis Sukses

Seiring dengan perkembangan zaman, kita dituntut untuk menjadi individu yang memiliki kemampuan berpikir kritis dan bertindak kreatif. Tidak hanya kemampuan inilah yang akan mendukung kita untuk dapat berhasil dalam hidup secara umum, tetapi juga untuk membantu kita keluar dari zona nyaman ketika situasi sudah tidak memungkinkan lagi bagi kita untuk tinggal diam.

Pernahkah Anda berpikiran untuk menjadi pebisnis? Meskipun datang dari kalangan pemula, atau tergolong baru di tengah zaman yang serba digital seperti sekarang ini, kabar baiknya ide-ide kreatif terus bermunculan dan tampak tidak ada habisnya. Asalkan kita membuka hati dan memberikan kegiatan ini sebuah kesempatan, bukan tidak mungkin kita bisa mengambil untuk dengan menjadi pebisnis.

5+ Ide Kreatif Bekal Bisnis Sukses

Kondisi saat ini memang tidak ada yang bisa memprediksi; asalnya saja sudah sangat dinamis. Maka dari itu, kita harus pintar-pintar juga, nih, dalam memilih ide sebagai bisnis yang menjanjikan sukses di waktu yang akan datang. Yang jelas, ide usaha kreatif di Indonesia sangatlah beragam. Berikut adalah 5+ ide kreatif bekal bisnis sukses yang telah kami rangkum. Teruskan membaca, ya!

  1. Masker daur ulang

Usaha berjualan masker tentunya sudah umum di masa pandemi dan normal baru seperti sekarang ini. Meskipun potensinya juga masih besar sekarang, ada baiknya jika Anda menawarkan sesuatu yang berbeda. Bagaimana jika Anda merancang dan membuatkan masker dengan mendaur ulang bahan yang disediakan oleh konsumen?

Daur ulang yang dimaksud bisa meliputi pakaian bekas atau bahan yang secara pribadi disediakan oleh konsumen. Pastinya, manfaat dari bisnis ini bernilai lebih bagi mereka. Anda sendiri tidak memerlukan modal sama sekali, tetapi tetap memperoleh pundi-pundi Rupiah sebagai biaya jasa.

  1. Pembuatan produk visual

Punya keahlian menggambar? Baik karikatur maupun desain grafis, ketrampilan ini sudah waktunya dikomersialkan untuk keuntungan Anda sendiri. Jasa pembuatan produk visual saat ini sangat diminati seiring dengan semakin tingginya kebutuhan masyarakat, mulai dari bisnis hingga keinginan pribadi. Dalam hal ini, Anda bisa menghasilkan produk visual versi cetak maupun digital tergantung permintaan dengan modal awal hanya 1,5 juta, tetapi omzet bisa berkali-kali lipatnya.

  1. Pembuatan kemasan atau bingkisan

Di saat kita berusaha untuk mengurangi waktu keluar rumah dan bertemu dengan seseorang, peran bingkisan sebagai bentuk perhatian seseorang dapat dijadikan peluang bisnis. Terutama jika Anda memiliki sisi kreatif yang tak terelakkan, tawarkan jasa pembuatan kemasan produk, atau dekorasi kemasan mengingat keinginan masyarakat yang naik dalam waktu belakangan ini. Sebagai referensi, modal awal yang dibutuhkan untuk ide bisnis ini sekitar 1-2 juta.

  1. Kerajinan tangan

Pernahkah Anda menyadari keahlian yang menurut Anda simpel bisa berarti banyak bagi orang lain? Notebook dengan desain maupun hiasan tulisan tangan yang dibuat dengan tampilan cantik tentu akan menarik perhatian masyarakat. Lebih lanjut, lukisan pada kain, serta bordiran pada tas atau bahan, bisa menjadi ladang bisnis dengan pasar yang cukup luas. Anda bisa menawarkan jasa pembuatan beragam kerajinan tangan ini dengan modal 0 hingga 2 jutaan.

  1. Buket makanan

Tidak jauh berbeda dengan pilihan kemasan atau bingkisan tadi, kesempatan saling berkirim buket makanan juga mulai dilirik di masa pandemi dan normal baru seperti sekarang ini. Isian dari buket ini pun bisa disesuaikan lagi dengan permintaan masyarakat, misalnya paket penunjang kesehatan, hingga produk kosmetik. Anda hanya perlu membantu urusan pengemasan hingga pengirimannya, dengan referensi modal awal 3-4 juta.

  1. Peralatan rotan

Biasanya, Anda melihat peralatan rumah tangga yang terbuat dari plastik atau stainless steel. Kali ini, trennya berganti ke peralatan rumah tangga berbahan dasar rotan. Bahan ini kian diminati karena kuat dan tahan lama. Selain untuk peralatan masak dan makan, cobalah untuk melirik peralatan rumah tangga lain seperti tudung saji, kotak penyimpanan, keranjang, bangku, hingga lemari. Sebagai referensi, modal awal yang dibutuhkan untuk ide bisnis ini sekitar 4-5 juta.

  1. Casing ponsel

Casing ponsel menjadi salah satu ide kreatif bisnis yang menguntungkan karena sudah berperan lebih dari sekedar pelindung ponsel, tetapi juga elemen fashion yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari masyarakat. Anda bisa menjual casing untuk jenis ponsel spesifik, model tertentu, hingga gaya yang modern. Anda bisa menjadi penjual pihak pertama atau distributor dan reseller. Sebagai referensi, modal awal yang dibutuhkan untuk ide bisnis ini sekitar 5 juta.

Itulah 5+ referensi ide peluang usaha kreatif yang berpotensi menjadikan bisnis Anda nantinya sukses besar. Fokuslah pada apa yang mungkin dan Anda bisa lakukan saat ini. Semoga artikel ini membantu, sehingga Anda juga bisa mengembangkan potensi dan bahkan menerima keuntungan dari bisnis yang Anda jalani.

Share Button